[lengkap] Jenis Ssd Dan Tips Menentukan Ssd Yang Sempurna

Dalam membeli SSD kadang kala orang berasal memilih & membeli tanpa menghiraukan faktor-faktor penting yang wajibdiperhatikan ketika membeli Solid State Drive. Mereka hanya terpaku pada harga ssd yg murah tanpa mempertimbangkan faktor-faktor yg berkaitan menggunakan performa, speed, durabilitas & kompatibilitas yang sesuai dengan merk & tipe Laptop atau Komputer yg dipakai.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengalaman gw tentang tips dan trik membeli SSD sempurna dan berkualitas sinkron dengan budget & kebutuhan pengguna. Mari simak artikel berikut ini…Mengenal Generasi SSD & Jenis-Jenisnya

Sebelum membeli SSD, kita wajibpaham terlebih dahulu perbedaan ssd yg ingin kita beli. Hal ini karena SSD banyak sekali jenis & tipenya. apabila keliru membeli tentu SSD tidak akan sanggup digunakan karena nir kompatibel menggunakan laptop atau personal komputerkita.

Maka dari itu, kita wajibcermat membedakan generasi SSD dan Socket Interface yg dipakai. Simak perbedaan SSD dari generasi ke generasi berikut adalah…Pengertian SSD

Solid State Drive (SSD) merupakan suatu hardware yang berfungsi menjadi perangkat penyimpanan personal komputeryang memakai rangkaian IC menjadi tempat menyimpan data. Berbeda dengan harddisk, SSD nir memakai piringan (platter), sebagai akibatnya performa baca & tulis nya jauh lebih cepat.Perbandingan kecepatan Harddisk, SSD Sata & SSD NVMe (sumber unihost.com)Jenis-Jenis SSD

Dalam perkembanganya, SSD melalui aneka macam tahap yg tidak mengecewakan pesat. Awalnya SSD dibuat untuk memenuhi kebutuhan Komputer Server yang semakin cepat dan kebutuhan enterprise yang membutuhkan kecepatan tinggi pada hal penyimpanan data.

SSD dibentuk buat menggantikan Harddisk (HDD), yg dinilai telah nir sanggup lagi mengimbangi kecepatan teknologi komputer waktu ini. Speed baca tulis harddisk sangatlah lambat, sebagai akibatnya menciptakan komputer berspesifikasi tinggi pun sebagai lambat & botteneck.

Di global konsumer, atau konsumen terdapat beberapa jenis SSD yang sering digunakan. Entah itu buat Laptop atau Komputer Pribadi (PC). Antara lain menjadi berikut…1. SSD SATA dua.lima″ Inchi

SSD SATA merupakan SSD yg menggunakan Port atau Standar Interface Serial Advanced Technology Attachment atau biasa disingkat SATA. Mendukung SATA I, SATA II dan SATA III.

SSD ini memiliki ukuran setara dengan harddisk laptop yaitu 2.lima″ & merupakan jenis SSD paling murah yang mampu dihasilkan pada pasaran.

SSD jenis ini banyak dipakai buat Laptop standar atau komputer yang masih memakai port SATA yang biasa digunakan buat harddisk.Port SATA SSD

Bentuk colokanya yaitu membentuk alfabetL & port ini jua sering dipakai sang komponen lain misalnya DVD RW atau Harddisk.Kelebihan SSD SATAHarga lebih murah menurut jenis SSD lain pada umumnyaMudah ditemukan Tersedia aneka macam macam pilihan dari berbagai merekKompabilitas baik, hampir mendukung seluruh laptop & PCLebih ringan dari HarddiskLebih tahan panas dan guncanganCocok buat laptop ataupun PC yg telah mendukung port SATABisa ditempel di slot DVD laptop menggunakan donasi Caddy DriveJenis yang cocok bagi anda yg ingin upgrade laptop berdasarkan HDD ke SSDKelemahan SSD SATAMemiliki kecepatan Rendah pada banding SSD Jenis lainSpeed Sekitar 500 MB/s (Read / Write) Tergantung Merk dan HargaUkuran Besar dan Banyak Memakan Space bila dibanding SSD M.2dua. SSD mSATASSD mSATA

SSD ini sama seperti SSD Sata. mSATA Artinya Mini SATA. Yang membedakan dengan tipe SSD Sata biasa yaitu dimensinya. apabila SSD SATA biasa itu pakai casing, jadi ukuranya seperti harddisk 2.5″. Sedangkan SSD mSATA lebih tipis, karena hanya diambil board nya saja (tanpa casing).

Ini sangat cocok bagi anda yang ingin SSD yg lebih ringkas dan tipis. Untuk spesifikasi & port nya sama misalnya SSD SATA, tetapi lantaran nir memiliki casing, SSD ini lebih rentan terhadap suhu panas karena nir mempunyai pendingin, thermal atau case tambahan.Kelebihan SSD mSATATersedia berukuran yang kecil, bahkan hanya 16 GBUkuranya ringkas, tipis dan ringanCocok buat laptop tipis atau personal komputermenggunakan space sedikitKelemahan SSD mSATALebih rentan panasPilihan sedikit dibanding tipe SATA3. SSD PCI Express

SSD PCI Express adalah SSD yang memakai interface PCI Express. Interface ini umumnya hanya terdapat di personal komputeratau PC, bila di laptop itu sporadis.

Slot PCI Express umumnya umumnya digunakan sang VGA (GPU), Wifi, LAN Card, Sound Card atau perangkat external lain.Interface PCI Express di Motherboard PC (source deskdecode.com)

Karena menggunakan Port PCI Express, SSD ini tentu lebih cepat berdasarkan SSD SATA dan pendinginanya lebih baik sehingga performa terjaga. Tetapi SSD Jenis ini sekarang telah mulai ditinggalkan karena harganya yang lumayan mahal.

SSD tipe ini biasanya hanya dipakai oleh Komputer kelas Enterprise atau Komputer Server.Kelebihan SSD PCI ExpressLebih Cepat berdasarkan SSD SATA, 700 MB – 1500 GB/s (read & write)Pendinginan lebih baikKapasitas akbar, hingga lebih berdasarkan 1 TBKelemahan SSD PCI ExpressMahalSudah LangkaTidak secepat SSD NVMeHanya mendukung PC DesktopTidak bisa pada pasang di Laptop4. SSD M.dua (NGFF)

SSD M.2 Next Generation Form Factor yaitu jenis SSD generasi selanjutnya yg adalah pengembangan menurut SSD mSATA. Memiliki dimensi tipis & kecil. Kelebihan SSD ini yaitu mensupport banyak interface, mulai berdasarkan PCI E, SATA sampai USB.

Namun, SSD Jenis ini sudah mulai pada tinggalkan karena terdapat generasi yg lebih baru yg menunjukkan kecepatan lebih tinggi serta harga yang lebih terjangkau.Kelebihan SSD M.dua NGFFTeknologi lebih baru dibanding SSD SATAMemiliki kecepatan setara SSD PCI Express (tergantung port yg dipakai)Mendukung banyak interfaceTipis & ringkasKelemahan SSD M.2 NGFFSudah jarang dipasaran dan mulai ditinggalkanlima. SSD M.dua NVMe

SSD M.dua NVMe atau NVM Express merupakan generasi terbaru dari SSD. NVMe merupakan Non Volatile Memory Express yaitu seperti teknologi RAM yg mempunyai kecepatan baca tulis super cepat, namun jika listrik dimatikan, data nir hilang.

SSD M.2 NVMe kinilagi terkenal dan banyak digunakan sang Laptop Terbaru dan PC Gaming lantaran kecepatan baca tulisnya super cepat, hingga 4000 MB/s.

Jadi, SSD ini masih sama menggunakan SSD jenis sebelumnya, yaitu menggunakan konektor M.2 via jalur PCE Express namun memiliki teknologi NVMe yang menciptakan IC memory penyimpananya sebagai super cepat.Colokan SSD NVMe pada Laptop (asal : Aleziss – Youtube)

SSD yg menggunakan teknologi NVMe memiliki beberapa jenis, yaitu2242 22602280

dua digit awal, yaitu “22” berarti lebar SSD yaitu 22 milimeter (MM)

Sedangkan dua digit pada belakangnya yaitu 42, 60, 80 berarti panjang SSD nya pada satuan milimeter juga.

Semakin panjang biasanya kapasitas SSD nya semakin akbar, dan semakin cepat juga karena pabrikan mampu menanamkan IC yang lebih poly dengan pendinginan yg lebih baik.Kelebihan SSD M.2 NVMeSuper Cepat, sampai 4000 MB/s (read dan write)Teknologi terkiniUkuran kecil, ringan & ringkasBanyak pilihan menurut banyak sekali merekKapasitar akbar, sampai diatas 1 TBMendukung Laptop dan PC yang memiliki interface M.2Kelemahan SSD M.2 NVMeHarga lebih mahal berdasarkan SSD SATALebih rentan panasTidak mendukung PC atau Laptop jadul yg belum mendukung slot M.dua6. SSD U.2

Yaitu jenis SSD yang mirip dengan SSD SATA namun dihubungkan via interface cepat PCE Express lewat Interface U.dua. SSD U.2 merupakan SSD yang jarang di temukan pada pasaran lantaran umumnya SSD ini spesifik diperuntukan buat personal komputerServer.

Kecepatan dan performanya tentu lebih baik berdasarkan SSD generasi lamadan bahkan mampu megimbangi performa SSD NVMe dengan pendinginan yg lebih baik & tahan lama.Kelebihan SSD U.duaMemiliki daya tahan lebih baik menurut jenis SSD lainPendinginan yg lebih optimalKecepatan tidak mengecewakan tinggiKelemahan SSD U.2Langka dipasaranHanya ditujukan untuk kalangan enterprise7. SSD Eksternal

SSD Ekstenal merupakan jenis SSD Portable yg bisa dibawa kemana-mana. Sama seperti Harddisk Eksternal, SSD jenis ini juga umumnya memiliki port universal seperti USB atau Thunderbolt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *