Ini Dia Cara Memakai Sumpit Yang Benar

Bagaimana Cara Memakai Sumpit yang Baik dan Benar? Simak Ini! | Indozone.id

Siapa disini yang sampai sekarang belum benar memakai sumpitnya? Atau bahkan kamu sampai sekarang belum bisa memakai sumpit? Nah untuk itu, kamu datang ke artikel yang tepat karena disini kami akan mengupas tuntas cara memakai sumpit yang benar.

Ada yang bilang bahwa memakai sumpit China, Korea dan Jepang berbeda. Namun, siapa sangka bahwa sejujurnya ketiganya sama saja.

Sumpit pada umumnya terbuat dari kayu. Namun, ada beberapa negara yang sudah menciptakan sumpit dari besi ataupun dari plastic. Lantas bagaimana cara memakai sumpit yang benar? Sebelum mengetahui cara memakai sumpit yang benar, mari ketahui cara dari berbagai negara sebagai berikut.

1.      Sumpit China

Sumpit menjadi salah satu ciri khas bagi masyarakat china dalam menyantap makanan. Namun, di china ini sendiri, sumpit memiliki bentuk panjang namun tumpul di ujungnya. Biasanya sumpit di china terbuat dari bambu. Namun belakangan ini sumpit di china sudah dibersihkan dan dipakai lagi. Orang china biasa menggunakan sumpit untuk menyantap nasi dan kacang-kacangan.

2.      Sumpit Korea

Sumpit di korea dikenal dengan bahan yang terbuat dari logam. Hal ini dikarenakan pada masa kerajaan di Korea sumpit terbuat dari bahan emas, perak dan kuningan. Biasanya sumpit tersebut digunakan oleh kalangan bangsawan. Namun kini, sumpit di korea biasa terbuat dari bahan stainless steel yang dilengkapi dengan sendok bulan terbuat dari logam pula.

3.      Sumpit Jepang

Sumpit di jepang cukup berbeda dari jenis sumpit china dan korea. Di Jepang ini sendiri sumpitnya memiliki ukuran paling pendek. Hal ini dikarenakan orang jepang terbiasa makan dekat dengan mangkuk sehingga sumpitnya dibuat lebih pendek dengan ujung sumpit yang dibuat runcing dan bulat.

Seperti yang diketahui bahwa orang jepang sangat suka mengkonsumsi ikan. Maka dengan ini bentuk sumpitnya dibuat meruncing agar memudahkan mengambil tulang ikan.

Cara Memakai Sumpit

Setelah mengetahui berbagai bentuk sumpit di berbagai negara. Selanjutnya mari ketahui cara memakai sumpit yang benar agar tidak salah dalam mengambil makanan dan terjatuh. Untuk mengetahui cara memakai sumpit, mari simak langkahnya sebagai berikut:

  1. Letakkan sumpit di antara jari telunjuk dan jempol kamu, kemudian di seimbangkan dengan jari manis.
  2. Letakkan sumpit di antara kedua jari telunjuk dan jempol, kemudian taruh di jari tengah.
  3. Pegang sumpit dengan dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk dan tengah.
  4. Telunjuk dan jari tengah berfungsi untuk menggerakkan sumpit. Kemudian pakailah jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan.
  5. Kamu bisa memenag sumpit sama halnya seperti memegang pensil yakni taruh di atas jari tengah dan selipkan sumpit kedua di sela-sela jempol dengan jari telunjuk dan letakkan di jari manis.

Aturan Memakai Sumpit

Setelah mengetahui cara memakai sumpit yang benar, selanjutnya mari ketahui aturan memakai sumpit. Ternyata, ada aturan memakai sumpit yang perlu diketahui sebagai berikut:

1.      Sashi Bashi

Sashi Bashi adalah aturan memakai sumpir dengan menusuk makanan dengan sumpit. Namun sayangnya, di Jepang cara ini dianggap sebagai tindakan tercela.

2.      Yoshe Bashi

Yoshe Bashi adalah aturan memindahkan mangkuk dengan cara menariknya dengan sumpit.

3.      Watashi Bashi

Watashi Bashi adalah aturan menaruh sumpit melintang di atas piring atau mangkuk yang menandakan bahwa kamu sudah selesai makan.

4.      Neburu Bashi

Neburu Bashi adalah aturan menjilat sumpit yang dilarang.

5.      Hashi Watashi

Hashi Watashi adalah aturan mengoper makana dari sumpit ke sumpit dengan orang lain.

 

Itulah cara dan aturan memakai sumpit dengan benar. Jadi, apakah cara kamu memakai sumpit sudah benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *